Nama Sekolah : ........................
Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/semester : X / 2
Pertemuan : 6 kali pertemuan
Alokasi waktu : 12 X 45 menit
Standar Kompetensi :
Memraktikkan berbagai
keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar :
- Memraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga
beregu bola besar dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri
- Memraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran,
menghargai, dan percaya diri
- Memraktikkan
keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri
- Memraktikkan
keterampilan olahraga bela diri serta nilai kejujuran, toleransi, kerja keras, dan percaya diri
Indikator :
- Memahami
dan melakukan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu
bola besar dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja
sama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri
- Memahami
dan melakukan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama,
kejujuran, menghargai, dan percaya diri
- Memahami
dan melakukan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai, semangat, dan
percaya diri
- Memahami
dan melakukan keterampilan olahraga bela diri serta nilai kejujuran, toleransi,
kerja
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami dan melakukan keterampilan bermain salah satu
permainan dan olahraga beregu bola besar dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran, menghargai semangat, dan
percaya diri
- Siswa dapat memahami dan
melakukan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga bola kecil
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama,
kejujuran, menghargai, dan percaya diri
- Siswa dapat memahami dan
melakukan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerja sama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri
- Siswa dapat memahami dan
melakukan keterampilan olahraga bela diri serta nilai kejujuran, toleransi,
kerja keras, dan percaya diri
Karakter siswa yang diharapkan:
- Siswa dapat disiplin, jujur,
mandiri, rasa ingin tahu dan tanggung jawab
B. Materi Pembelajaran
Permainan dan olahraga
Pertemuan
Ke-1 s.d. 6
1. Bola voli merupakan salah
satu permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu yang saling bertanding,
di mana setiap regu terdiri dari enam orang. Setiap regu dalam permainan bola
voli berusaha menempatkan bola di daerah lawan agar mendapat angka (poin). Regu
yang pertama mencapai angka dua puluh lima adalah regu yang dinyatakan sebagai
pemenang.
2. Kesalahan-kesalahan dalam permainan
bola voli, antara lain: bola menyentuh tanah/lantai, bola keluar lapangan,
pemain menyentuh tali/net, pemain menginjak lapangan permainan lawan, dan bola
menyentuh tali/net pada saat lemparan pertama.
3. Softball merupakan olahraga yang paling digemari anak-anak sekolah, terutama
para pelajar dan mahasiswa. Permainan ini dilakukan secara beregu, baik pria
maupun wanita. Teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain softball
ialah melempar, menangkap, memukul bola, lari mengelilingi lapangan (base
running), sliding, dan tanging.
4. Gerakan lari jarak menengah (800 m,
1500 m, 3000 m) sedikit berbeda dengan gerakan lari jarak pendek (sprint).
Perbedaannya terutama pada cara kaki menapak. Pada lari jarak menengah, kaki
menapak pada ujung tumit kaki dan menolak dengan ujung kaki. Sedangkan lari
jarak pendek, menapak dengan ujung-ujung kaki, tumit sedikit sekali menyentuh
tanah.
5. Tolak peluru merupakan cabang olahraga nomor
lempar, tetapi istilah yang digunakan bukan "lempar peluru" tetapi
"tolak peluru". Hal ini sesuai dengan peraturan tentang cara
melepaskan peluru dengan cara mendorong atau menolak dan bukan melempar.
Istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah the short put. Salah satu cara
menolak peluru ialah dengan gaya membelakangi (O'Brien).
6. Gerak
dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi, dan
terkendali serta mempunyai empat aspek, yaitu aspek mental spiritual, aspek
seni budaya, aspek bela diri, dan aspek olahraga sebagai satu kesatuan.
C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan
penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 6
Pendahuluan
Apersepsi:
Siswa diberi penjelasan mengenai teknik-teknik dasar permainan dan
olahraga
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk
membantu siswa dalam melakukan berbagai keterampilan dalam permainan dan
olahraga
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1. Dengan informasi dari guru, siswa diajak memraktikkan teknik passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli
2. Dengan informasi dari guru, siswa diajak memraktikkan teknik memegang bola dalam permainan softball
3. Dengan informasi dari guru, siswa diajak memraktikkan teknik start, teknik lari, dan
teknik melewati garis finis dalam olahraga lari jarak menengah
4. Dengan informasi dari guru, siswa diajak
memraktikkan teknik awalan dalam tolak peluru
5. Dengan
informasi dari guru, siswa diajak memraktikkan teknik serangan, elakan, dan
tangkisan dalam pencak silat
6. Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, jujur, rasa ingin tahu, mandiri, dan tanggung jawab
7. Guru melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi:
1. Dengan berdiskusi, siswa diajak memahami dan memraktikkan teknik service,
smash dan blocking
dalam permainan bola voli
2. Dengan berdiskusi, siswa diajak melakukan
teknik dasar lempar tangkap bola dalam permainan
softball
3. Dengan berdiskusi, siswa diajak memraktikkan
teknik tolak peluru gaya o’brian
4. Guru
mengajak siswa untuk mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang permainan dan
olahraga pada buku TUNTAS dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan
refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah
(PR)
4. Guru merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat dan Bahan
1. Alat
: bola, mistar, matras, peluru
2. Sumber belajar : - Buku
paket
- Buku lain yang
relevan
- Buku TUNTAS
F. Penilaian
1. Teknik/jenis :
kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
1. Apa yang Anda ketahui tentang permainan sepak bola?
2. Sebutkan cara melakukan jumping service dalam permainan
bola voli!
3. Jelaskan sikap permulaan start berdiri pada saat akan melakukan
lari jarak menengah!
4. Sebutkan kesalahan-kesalahan dalam permainan bola voli!
5. Sebutkan cara melakukan latihan passing atas dengan duduk
selonjor!
6. Jelaskan bagaimana cara melakukan latihan menyundul bola dengan
dua orang pemain!
7. Bagaimana cara melakukan latihan smes dengan melewati net atau
jaring dalam permainan bola voli?
8. Sebutkan teknik melempar bola dalam permainan softball!
9. Jelaskan teknik pelaksanaan tolak peluru gaya membelakangi!
10. Sebutkan arah dalam pencak
silat!
Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
0 komentar:
Posting Komentar