Nama Sekolah : SMA............................
Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/semester : X / 2
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Kebugaran Jasmani
Standar Kompetensi :
Memraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar :
- Memraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan
serta nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
- Memraktikkan
tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran
serta nilai kejujuran, semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
Indikator :
- Memahami dan melakukan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan
kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
- Melakukan
tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran
serta nilai kejujuran semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
A. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat memahami dan melakukan berbagai bentuk kebugaran jasmani
sesuai dengan kebutuhan serta nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan
percaya diri
- Siswa dapat melakukan tes
kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran serta
nilai kejujuran semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
Karakter siswa yang diharapkan:
- Siswa dapat disiplin, jujur,
mandiri, dan tanggung jawab
B. Materi Pembelajaran
Kebugaran jasmani
Pertemuan Ke-7 dan 8
1... Kecepatan
(speed) adalah kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam
waktu yang sangat singkat.
2... Kelincahan
(agility) adalah kemampuan untuk mengubah arah atau posisi tubuh dengan
cepat dilakukan bersama-sama dengan gerakan lainnya. Kelincahan bagi pelajar
menjadi ciri khas dalam bertindak. Kelincahan dapat diprioritaskan dalam
latihan bagi masyarakat untuk melatih kebugaran jasmaninya.
3... Tes
kebugaran jasmani memiliki beberapa fungsi, antara lain: mengukur sejauh mana
kemampuan siswa dalam hal kebugaran jasmaninya, menilai kemampuan fisik siswa,
menentukan dan mengetahui sejauh mana kondisi siswa, mengetahui perkembangan
kondisi siswa, hasil pengukuran digunakan untuk bahan memberikan bimbingan
kepada siswa untuk meningkatkan kebugaran jasmaninya, hasil pengukuran
digunakan sebagai salah satu bahan penilaian pelajaran Pendidikan Jasmani.
4. Tes
kebugaran jasmani terdiri atas beberapa rangkaian tes, yaitu: lari 60 m, angkat
tubuh 60 detik untuk pria dan gantung siku tekuk untuk wanita, baring duduk 60
detik, loncat tegak, serta lari 1.200 m untuk pria dan lari 1.000 m untuk
wanita..
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-7 dan 8
Pendahuluan:
Apersepsi:
1. Siswa diberi penjelasan
mengenai pengertian kebugaran jasmani
2. Siswa diberi pemahaman
mengenai unsur-unsur kebugaran jasmani
Motivasi:
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memraktikkan bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1. Dengan informasi dari guru,
siswa diajak memahami dan memraktikkan bentuk-bentuk latihan kecepatan dalam
meningkatkan kebugaran jasmani
2. Dengan metode inkuiri,
melalui contoh siswa diajak memraktikkan latihan kelincahan dalam meningkatkan
kebugaran jasmani
3. Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, jujur, mandiri, dan
tanggung jawab
4. Guru melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi:
1. Dengan berdiskusi siswa diajak menjelaskan
dan memraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan
derajat kebugaran
2. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang kebugaran jasmani
pada buku TUNTAS dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan
refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah
(PR)
4. Guru merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat dan Bahan
1. Alat : stopwatch, papan skala, formulir
pencatatan hasil tes
2. Sumber belajar :
- Buku paket
- Buku lain yang relevan
- Buku TUNTAS
F. Penilaian
1. Teknik/jenis :
kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
1..... Sebutkan fungsi tes kebugaran
jasmani!
Jawab:
...................................................................................................................
2..... Sebutkan prosedur pelaksanaan tes
kebugaran jasmani untuk peserta tes!
Jawab:
...................................................................................................................
3..... Sebutkan peralatan dan perlengkapan
yang digunakan dalam tes baring duduk!
Jawab:
...................................................................................................................
4..... Bagaimanakah pelaksanaan tes lari
cepat 60 meter?
Jawab:
...................................................................................................................
5..... Sebutkan komponen kebugaran jasmani!
Jawab:
...................................................................................................................
Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
…………………………………
Guru Mata Pelajaran
|
________________________
NIP.
|
|
________________________
NIP.
|
0 komentar:
Posting Komentar