Nama Sekolah : SMA.........................
Mata pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/semester : X / 2
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi waktu : 4 X 45 menit
Senam Lantai
Standar Kompetensi :
-
Memraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar :
- Memraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat
serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
- Memraktikkan keterampilan rangkaian senam
lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan
menghargai teman
Indikator :
- Melakukan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat
serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
- Melakukan
keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja
sama tanggung jawab, dan menghargai teman
A. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat melakukan
keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya
diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
- Siswa dapat melakukan
keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja
sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
Karakter siswa yang diharapkan:
- Siswa dapat disiplin, jujur,
dan mandiri
B. Materi
Pembelajaran
Senam lantai
Pertemuan Ke-9 dan 10
1... Senam adalah bentuk latihan fisik yang
disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan
terencana untuk mencapai tujuan tertentu.
2... Senam lantai merupakan salah satu
bagian dari senam artistik. Senam lantai dilakukan pada lantai yang beralas
matras tanpa menggunakan alat bantu lain.
3... Senam lantai dengan alat, di
antaranya: gerakan lompat kangkang dan gerakan lompat jongkok.
4... Senam lantai tanpa alat, di antaranya:
berguling depan (forward roll), berguling belakang (back roll),
berdiri dengan kepala (headstand), berdiri dengan kedua tangan (handstand),
dan guling lenting (neckspring).
5... Senam lantai dapat dilakukan dengan
berbagai rangkaian gerakan. Gerakan rangkaian senam tersebut dapat dilakukan
dengan alat maupun tanpa menggunakan alat. Gerakan rangkaian senam lantai
dengan menggunakan alat dilakukan dengan lari-lenting kepala (di atas balok)-roll
depan dan lari-tiger sprong (melompati balok)-handstand. Adapun
senam lantai tanpa menggunakan alat dapat dilakukan dengan handstand-putar
180o-lenting tengkuk dan meroda-balance-handstand.
C. Metode
Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan
penugasan
D. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Ke-9 dan 10
Pendahuluan:
Apersepsi:
1. Siswa diberi penjelasan
mengenai pengertian senam lantai
2. Siswa diberi pemahaman
mengenai peralatan-peralatan yang digunakan dalam senam lantai
Motivasi:
Memotivasi
akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam
memraktikkan rangkaian senam lantai dengan alat dan tanpa alat
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1. Dengan informasi dari guru, siswa diajak memahami dan memraktikkan lompat
kangkang pada pangkal kuda-kuda lompat
2. Dengan informasi dari guru,
siswa diajak memahami dan memraktikkan lompat jongkok pada pangkal kuda-kuda
lompat dan berguling di atas peti lompat
3. Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa
diajak menjelaskan bentuk-bentuk latihan senam lantai tanpa alat
4. Guru memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, jujur, dan mandiri
5. Guru melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi:
1. Dengan berdiskusi, siswa
diajak men-jelaskan dan memraktikkan gerakan guling ke depan, guling ke belakang, headstand
dan handstand
2. Siswa disuruh memraktikkan
rangkaian gerakan senam lantai tanpa menggunakan alat
3. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang rangkaian senam
lantai pada buku TUNTAS dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi:
1. Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan
Penutup
1. Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2. Siswa dan guru melakukan
refleksi
3. Guru memberikan tugas rumah
(PR)
4. Guru merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5. Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Alat dan Bahan
1. Alat
: kuda-kuda lompat, peti lompat, matras
2. Sumber
belajar :
- Buku
paket
- Buku
lain yang relevan
- Buku
TUNTAS
F. Penilaian
1. Teknik/jenis : kuis dan tugas individu
2. Bentuk instrumen : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3. Instrumen/soal :
1... Bagaimanakah
cara melakukan gerakan lompat kangkang?
Jawab: ...................................................................................................................
2... Berikan
contoh senam lantai tanpa alat!
Jawab: ...................................................................................................................
3... Sebutkan
cara melakukan guling belakang!
Jawab: ...................................................................................................................
4... Bagaimana
cara melakukan gerakan handstand-putar 180o-lenting tengkuk?
Jawab: ...................................................................................................................
5... Sebutkan
cara melakukan gerakan lari-tiger sprong (melompati balok)-handstand!
Jawab: ...................................................................................................................
Perhitungan nilai akhir
dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
Nilai
akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
|
…………………………………
Guru Mata Pelajaran
|
________________________
NIP.
|
|
________________________
NIP.
|
Salam Kenal
BalasHapusPenjelasan mengenai kompetensi dalam senam lantai cukup jelas, sehingga mudah di pahami oleh para pembaca.
Btw, di mana ya tempat yg jual baju senam murah serta aksessoris senamnya pula?
Salam sukses dan thanks atas artikelnya ^_^
Salam Kenal
BalasHapusJika terjadi kesalahan dalam melakukan senam lantai, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan apakah dalam senam ini sudah menggunakan baju senam crystal???
Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini *_*