About

Senam Lantai


Nama Sekolah       : SMA.........................
Mata pelajaran     : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/semester    : X / 2
Pertemuan            : 2 kali pertemuan
Alokasi waktu       : 4 X 45 menit
 

Senam Lantai

Standar Kompetensi  :
-          Memraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar     :    
-      Memraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
-      Memraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman


Indikator                        :    
-    Melakukan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
-           Melakukan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama tanggung jawab, dan menghargai teman

A.               Tujuan Pembelajaran
-      Siswa dapat melakukan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
-      Siswa dapat melakukan keterampilan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, tanggung jawab, dan menghargai teman
Karakter siswa yang diharapkan:     
-      Siswa dapat disiplin, jujur, dan mandiri
B.               Materi Pembelajaran
Senam lantai
Pertemuan Ke-9 dan 10
1... Senam adalah bentuk latihan fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.
2... Senam lantai merupakan salah satu bagian dari senam artistik. Senam lantai dilakukan pada lantai yang beralas matras tanpa menggunakan alat bantu lain.
3... Senam lantai dengan alat, di antaranya: gerakan lompat kangkang dan gerakan lompat jongkok.
4... Senam lantai tanpa alat, di antaranya: berguling depan (forward roll), berguling belakang (back roll), berdiri dengan kepala (headstand), berdiri dengan kedua tangan (handstand), dan guling lenting (neckspring).
5... Senam lantai dapat dilakukan dengan berbagai rangkaian gerakan. Gerakan rangkaian senam tersebut dapat dilakukan dengan alat maupun tanpa menggunakan alat. Gerakan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat dilakukan dengan lari-lenting kepala (di atas balok)-roll depan dan lari-tiger sprong (melompati balok)-handstand. Adapun senam lantai tanpa menggunakan alat dapat dilakukan dengan handstand-putar 180o-lenting tengkuk dan meroda-balance-handstand.
C.               Metode Pembelajaran
        Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan
D.               Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
        Pertemuan Ke-9 dan 10
Pendahuluan:
Apersepsi:
1.    Siswa diberi penjelasan mengenai pengertian senam lantai
2.    Siswa diberi pemahaman mengenai peralatan-peralatan yang digunakan dalam senam lantai
Motivasi:
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam memraktikkan rangkaian senam lantai dengan alat dan tanpa alat
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
1.    Dengan informasi dari guru, siswa diajak memahami dan memraktikkan lompat kangkang  pada pangkal kuda-kuda lompat
2.    Dengan informasi dari guru, siswa diajak memahami dan memraktikkan lompat jongkok pada pangkal kuda-kuda lompat dan berguling di atas peti lompat
3.    Dengan metode inkuiri, melalui contoh siswa diajak menjelaskan bentuk-bentuk latihan senam lantai tanpa alat
4.    Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya; secara disiplin, jujur, dan mandiri
5.    Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
Elaborasi:
1.      Dengan berdiskusi, siswa diajak men-jelaskan dan memraktikkan gerakan guling ke depan, guling ke belakang, headstand dan  handstand
2.    Siswa disuruh memraktikkan rangkaian gerakan senam lantai tanpa menggunakan alat
3.    Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang rangkaian senam lantai pada buku TUNTAS dan buku penunjang lainnya
Konfirmasi:
1.    Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan
Penutup
1.   Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
2.    Siswa dan guru melakukan refleksi
3.    Guru memberikan tugas rumah (PR)
4.    Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
5.    Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E.               Alat dan Bahan
        1.    Alat                        :  kuda-kuda lompat, peti lompat, matras
2.    Sumber belajar                 :
-       Buku paket
-       Buku lain yang relevan
-       Buku TUNTAS
F.               Penilaian
1.    Teknik/jenis       : kuis dan tugas individu
2.    Bentuk instrumen           : pertanyaan lisan dan tes tertulis
3.    Instrumen/soal                :
1... Bagaimanakah cara melakukan gerakan lompat kangkang?
         Jawab: ...................................................................................................................
2... Berikan contoh senam lantai tanpa alat!
         Jawab: ...................................................................................................................
3... Sebutkan cara melakukan guling belakang!
         Jawab: ...................................................................................................................
4... Bagaimana cara melakukan gerakan handstand-putar 180o-lenting tengkuk?
         Jawab: ...................................................................................................................
5... Sebutkan cara melakukan gerakan lari-tiger sprong (melompati balok)-handstand!
         Jawab: ...................................................................................................................
                                   
       Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:
       Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Mengetahui
Kepala Sekolah

…………………………………
Guru Mata Pelajaran


________________________
NIP.



________________________
NIP.

Judul : Senam Lantai
Url : http://rupi-ilmu.blogspot.com/2014/04/RPP-senam-lantai.html
Pada : Senin, 14 April 2014
Oleh : Unknown
Respond : 2
Share :

2 komentar:

  1. Salam Kenal
    Penjelasan mengenai kompetensi dalam senam lantai cukup jelas, sehingga mudah di pahami oleh para pembaca.
    Btw, di mana ya tempat yg jual baju senam murah serta aksessoris senamnya pula?
    Salam sukses dan thanks atas artikelnya ^_^

    BalasHapus
  2. Salam Kenal
    Jika terjadi kesalahan dalam melakukan senam lantai, sebaiknya langkah pertama yg harus dilakukan bagaimana? dan apakah dalam senam ini sudah menggunakan baju senam crystal???
    Terimakasih atas artikelnya yg bermanfaat ini *_*

    BalasHapus

Copyright © · Artikel Pendidikan ~ Template by Jasriman Sukri